1. Pengertian MYOB
M.Y.O.B
(Minding Your Own Business) Accounitng merupakan paket program komputer
untuk bidang akuntansi yang dibuat secara terpadu (integrated
software). Program dibuat oleh Data-Tech Software Pty. Ltd. Australia.
Data-Tech Software merekomendasikan M.Y.O.B Accounting arsitek,
konsultasan, galeri seni, salon kecantikan, kontraktor dan sebagainya.
M.Y.O.B Accounting sudah menyediakan chart of account (daftar rekening)
siap pakai menggunakan bahasa Inggris untuk 105 jenis perusahaan yang
dapat dibaca dalam lampiran.
2. Langkah-langkah mengoperasikan MYOB
1. Mengaktifkan program MYOB
Start – all program – MYOB Accounting v18 – klik kiri,atauDouble click pada icon MYOB Accounting di layar desktop computer
Open : Mengaktifkan data akuntansi perusahaan yang sudah pernah dibuat
Create : Membuat sebuah data akuntansi perusahaan yang baru
Explore : Mengeksplorasi contoh data akuntansi yang disediakan MYOB
What’s New : Informasi tambahan tentang fitur baru & peningkatan dari versi sebelumnya.
Exit : Mengakhiri program MYOB
2. Mengisi
identitas perusahaan
Masukkan data perusahaan:
Pada
serial number : KOSONGKAN
Company name :
Nama Perusahaan
UEN No. : Nomor
Ijin Usaha
GST No. :
Nomor NPWP
Address :
Alamat perusahaan
Phone number :
No. Telepon Perusahaan
Fax Number :
No. Fax Perusahaan
E-mail Address :
No. Email Perusahaan
Setelah itu, klik NEXT.
Mengisi
periodesasi perusahaan
Current
financial year diisi tahun sesuai yang tertera pada soal
Last
month diisi bulan akhir periode, biasanya Desember
Conversion
month diisi bulan yang akan dikerjakan pembukuannya, apabila di soal
menunjukkan neraca saldo per 30 November 20.., maka conversion month
diisi Desember.
Number
of period diisi tweleve. Pengisian thirteen mengasumsikan bahwa
bulan ke-13 adalah bulan yang khusus digunakan perusahaan untuk
transaksi penyesuaian.
Klik NEXT.
Pembuatan
daftar rekening
Pilih cara untuk pembuatan daftar rekening:
I
would like to start with one of the list provided By MYOB
Accounting, Artinya anda akan
menggunakan daftar akun yang telah disediakan oleh MYOB.
I
would like to import a list of account Provided by my accountant
after I’m done creating my company file.,
Artinya anda akanmengimpor daftar akun dari file lain.
I
would like to build my own account list once I begin using
MYOB Accounting. Artinya anda akan membuat
sendiri daftar akun secara langsung.
*Pilih salah satu
sesuai kebutuhan. Lalu klik next
Menyimpan
file
Pada kotak
dialog New company file Assistant, Click change lalu
tentukan direktori penyimpanan klik save. Tetapi
apabila ingin menyimpan pada tempat yang telah disediakan MYOB maka
langsung click Next dan Pilih COMMAND
CENTRE, maka
akan tampil Menu Command Centre.
Merancang
Akun
Membuat Account baru :
Dari
Account List klik ikon New
Tentukan
apakah Header atau Details
Tentukan
type account sesuai dengan fungsi accounts
Masukkan
nomor account sesuai data yang diperlukan
Tekan
enter, lalu masukkan nama account yang akan dibuat, klik OK
Menghapus Account (delete account) :
Dari
Account List
Klik
tanda panah atau double klik account yang sudah diblok
Klik
Edit, pilih Delete Account (sehingga account akan terhapus)
Masukkanlah
semua akun yang ada dalam neraca saldo (soal) ke dalam masing-masing
kelompok akun (dari kelompok assets sampai other expense)
Akun-akun
yang sudah tersedia yang bertanda (v) pada linked-nya dan tidak
dibutuhkan harus di-inactive-kan dengan cara doble click pada akun
tersebut
Akun-akun
yang sudah tersedia dan dibutuhkan, cukup disesuaikan dengan
soalnya. Ganti nomor akunnya sesuai yang tertera pada soal, (contoh
: retained earning pada equity
Akun
yang di link, bias juga diganti dengan nama akun lainnya, seperti:
Cheque
Account diganti dengan Cash in Bank
Undeposited
Funds diganti dengan Petty Cash
Trade
Debtors diganti dengan Accounts Receivable
Trade
Creditors diganti dengan
Accounts Payable
Current
Year Earnings
Historical
Balancing
Payroll
Liabilities
Meng-ekspor
Accounts List
Daftar akun yang dibuat di MYOB bisa diisikan satu
persatu seperti cara yang
sudah ditunjukkan sebelumnya. Selain diisikan satu persatu, ada
cara lainnya yaitu menyiapkan daftar akun
dalam format Tab Delimited
Text File (File.TXT).
Caranya:
1. Buka menu File,
2. Pilih
Export Data,
3. Pilih
Accounts,
4. Pilih
Account Information
5. Klik Continue
6. Klik Match All,
7. Lalu
klik tombol Export
8. Tetapkan Directory dan nama folder untuk menempatkan
file txt
9. File Name : ketik nama file
10. Klik tombol Save
11. Proses Export daftar akun akan dilakukan oleh MYOB.
Meng-import
akun
Buka
menu File, pilih Import Data, pilih Accounts, pilih Account
Information
Duplicate
Records : pilih Update Existing Record,
Klik
Continue.
Cari
nama file di folder dan direktori yang sudah disimpan
sebelumnya, klik Open.
Klik
Match All, lalu klik Import.
Informasi
record yang tidak berhasil di impor akan dibuatkan file
oleh MYOB dengan nama
file MYOBPLOG.TXT. File tersebut akan
diletakkan bersamaan
dengan letak folder tempat data MYOB
berada.
Menyetting
pajak
List
– tax codes
Hapus
kode pajak yang tidak diperlukan. Kode pajak yang biasa digunakan
adalah GST dan NT.
Klik
akun GST pada description diisi Pajak
Pertambahan Nilai – rate diisi 10% - tax collected diisi VAT Out –
tax paid diisi VAT In – OK
Pada
akun NT tidak perlu diapa-apakan, tetapi jika sudah terlanjur di
klik, maka rate dan tax collected diisi sama seperti GST.
Linked
account
Setup
– linked account
Klik
menu setup, linked account, pilih account & banking account.
Selanjutnya
kotak dialok account & banking account akan muncul.
Dalam kotak
dialog ini isi kan nomor akun untuk menghubugkan akun
kas/bank.
Lalu pilih
ok untuk menutup kotak dialog account & banking account
Setup
– linked account – sales account – tracking receivables diisi
account receivable – Bank account diisi rekening kas yang
digunakan untuk menampung piutang – 4 item di bawahnya diisi
sesuai soal. Freight apabila ada pendapatan jasa angkut, deposits
apabila terdapat uang muka penjualan, discount apabila ada potongan
penjualan, late payment apabila ada pendapatan denda – OK
Setup
– linked account – purchases account – tracking payable diisi
account payable – Bank account diisi rekening kas yang digunakan
untuk membayar utang – 4 item dibawahnya diisi sesuai soal. Feight
apabila ada beban angkut, deposits apabila ada uang muka pembelian,
discount apabila ada potongan pembelian, late payment apabila ada
denda keterlambatan - OK
Membuat
kartu piutang (customer) dan utang (supplier)
Masuk
menu
card file – card list – customer – new – tekan tab – isi
ID – isi alamat dll sesuai soal, kecuali saldo piutang – klik
selling detail – atur terminnya – OK
Masuk
modul card file – card list – supplier – new – tekan tab –
isi ID – isi alamat dll sesuai soal, kecuali saldo utang – klik
buying detail – atur terminnya – OK
Termin
COD digunakan apabila customer/supplier menggunakan termin tunai
saat transaksi
Termin
In a Given of Days digunakan apabila customer/supplier menggunakan
syarat pembayaran missal 2/10, n/30. Discount day diisi 10, Balance
due days diisi 30, %discount early payment diisi 2%.
Membuat
kartu persediaan (merchandise inventory)
Item
Number : kode barang (maks 30 karakter)
Name
: nama barang (maks 30 karakter)
I
Buy This Item : aktifkan jika barang tersebut dibeli
I
Sell This Item : aktifkan jika barang tersebut dijual
I
Inventory This Item : aktifkan jika barang tersebut di stock
Cost
of Sales Account : akun Harga Pokok Penjualan
Tracking
Sales : akun Penjualan
Item
Inventory : akun Persediaan Barang
Standard
Cost : harga pokok standar
Buying
unit of Measure : satuan pembelian (PCS)
Tax
Code When Bought : kode pajak saat dibeli (P10)
Base
Selling Price : harga jual dasar
Selling
unit of Measure : satuan unit penjualan (PCS)
Tax
Code When Bought : kode pajak saat dijual (P10)
Membuat Item Baru (Asuransi):
Apabila ada pengenaan
Asuransi setiap
transaksi penjualan kepada pelanggan, maka
setiap terjadi penjualan
kita akan mengenakan tambahan Piutang dan dicatat sebagai Utang
Asuransi.
Item
Number : kode asuransi
Name
: nama asuransi
I
Sell This Item : aktifkan pilihan ini karena akan
ditampilkan di isian Enter Sales
Tracking
Sales : akun Utang Asuransi
Base
Selling Price : kosongkan
Selling
unit of Measuer : kosongkan
Tax
Code When Sold : pilih P10
Mengisi
saldo awal akun
Setup
– balances – account opening balances – isi masing-masing
saldo sesuai neraca saldo pada soal hingga angka amount be allocated
menunjukkan angka 0.
Akun-akun
yang saldo normalnya di debet tapi bernilai negative (sebaliknya),
awali tanda (-) sebelum menuliskan angka saldonya (contoh :
allowance for doubtful debt)
Akun-akun
yang saldo normalnya di kredit tetapi bernilai sebaliknya, awali
tanda (-) sebelum menuliskan angka saldonya (contoh : prive)
Jika
sudah balance, maka out of balancenya akan 0
Mengisi
saldo awal piutang
Setup
– balances – customer balances – pilih customer pada customer
detail – add sale – tekan tab – isi tanggal sesuai soal – isi
memo dengan saldo awal piutang – total including tax diisi dengan
saldo piutangnya – ganti tax code dengan PPN - record
Mengisi
saldo awal utang
Setup
– balances – supplier balances – pilih supplier pada supplier
detail – add purchase – tekan tab – isi tanggal sesuai soal –
isi memo dengan saldo awal utang – total including tax diisi dengan
saldo utangnya – ganti tax code dengan PPN - record
Mengisi
saldo awal persediaan
1.
Inventory Journal Number : otomatis diisikan oleh MYOB
2. Date
: tanggal saldo awal (1 Desember 2009)
3. Memo
: keterangan saldo awal yang muncul di buku besar
4. Item
Number : tekan enter, lalu pilih kode barang
5.
Quantity : isikan kuantitas barang (saldo awal)
6. Unit
Cost : isikan harga pokok per unit untuk setiap barang
7.
Amount : otomatis diisikan dari perkalian qty x harga pokok
8.
Account : tekan enter, pilih akun buku besar persediaan barang
9. Memo
: isikan detail keterangan tambahn disetiap barang
10.
Record : tombol untuk memposting transaksi ke buku besar,
sebelumnya tekan tombol Ctrl R di keyboar
untuk melihat efek jurnal
dari transaksi Adjust Inventory ini.
Mengerjakan
transaksi
Penjualan
kredit : sales – enter sales – hilangkan tanda pada tax
inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti
layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan
jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price
dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan
tab – record
Penjualan
tunai : sales – enter sales – hilangkan tanda pada tax inclusive
– pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item
dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah
barang – isi item number dengan nama barang – isi price dengan
harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – isi paid
today dengan jumlah uang yang diterima (apabila tunai seluruhnya,
maka isi sesuai jumlah yang ada pada balance due) – record.
Retur
atas penjualan kredit :. sales – enter sales – hilangkan tanda
pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi -
ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship
dengan jumlah barang {awali dengan tanda (-)}– isi item number
dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight
apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record. Setelah
direcord, klik register – klik returns & credits – klik
apply to sale – isi tanggal returnya – record
Retur
atas penjualan tunai : langkahnya sama seperti retur atas penjualan
kredit, hanya saat masuk register – returns & credits – klik
pay refund – isi tanggal retur – record.
Penerimaan
piutang : sales – receive payment – isi customer – isi nomor
bukti pada ID - isi tanggal pada date – isi jumlah pada amount
receive – klik amount applied – tekan tab – record.
Pembelian
kredit : purchase – enter purchase – hilangkan tanda pada tax
inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti
layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan
jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price
dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan
tab – record
Pembelian
tunai : purchase – enter purchase – hilangkan tanda pada tax
inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti
layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan
jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price
dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – isi
paid today dengan jumlah uang yang diterima (apabila tunai
seluruhnya, maka isi sesuai jumlah yang ada pada balance due) –
record.
Retur
atas pembelian kredit : purchase – enter purchase - hilangkan
tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal
transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item –
isi ship dengan jumlah barang {awali dengan tanda (-)}– isi item
number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi
freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record. Setelah
direcord, klik register – klik returns & credits – klik
apply to purchase – isi tanggal returnya – record
Retur
atas pembelian tunai : langkahnya sama seperti retur atas pembelian
kredit, hanya saat masuk register – returns & credits – klik
receive refund – isi tanggal retur – record.
Pengeluaran
kas selain pelunasan utang : banking – spend money – hilangkan
tanda tax inclusive – pilih jenis kas yang akan dikeluarkan pada
bagian account – isi payee dengan nama pihak yang dibayar – isi
nomor cek – isi tanggal – isi jumlah yang dibayar pada amount –
isi acct dengan akun debitnya – isi jumlahnya pada amount –
record.
Penerimaan
kas selain penerimaan piutang : banking – receive money -
hilangkan tanda tax inclusive – pilih jenis kas penerima pada
bagian account – isi payor dengan nama pihak yang membayar – isi
nomor bukti – isi tanggal – isi jumlah yang dibayar pada amount
received – isi acct dengan akun kreditnya – isi jumlahnya pada
amount – record.
Mencatat
penyesuaian : accounts – record journal entry – isi tanggal –
isi memo – isi akun debit – isi akun kredit – record.
Penyesuaian
untuk rekonsiliasi : banking – reconcile accounts – isi account
dengan cash in bank – isi tanggal pada bank statement date –
pada new statement balance isilah dengan jumlah angka yang tercatat
pada calculate statement balance sehingga out of balance bernilai 0
– klik ikon bank entry – isi amount pada service charge sesuai
soal – isi ID – isi tanggai – isi expense account dengan akun
bank service charge – isi amount pada interest earned sesuai soal
– isi ID – isi tanggal – isi income account dengan interest
income – record – klik ikon sehingga setiap baris akan otomatis
ditandai – klik reconcile – klik cancel
Melakukan
transfer (pemindahan) kas : accounts – transfer money – isi
tanggal – isi transfer money from dengan kas yang akan dipindah –
isi transfer money to dengan kas yang menerima pindahan – isi
amount dengan jumlah uang yang ditransfer – record
Menampilkan
dan mencetak laporan keuangan
Menampilkan
dan mencetak neraca : reports – accounts – pada balance sheet
pilih standard balance sheet – display – print – pilih printer
– tentukan banyak rangkap – OK
Menampilkan
dan mencetak laporan laba rugi : reports – accounts – profit &
lost (accrual) – display – print – pilih printer – tentukan
banyak rangkap – OK
Menampilkan
dan mencetak laporan arus kas : reports – banking – statement of
cash flow – display – print – pilih printer – tentukan
banyak rangkap – OK
No comments:
Post a Comment